Wajib Tahu 3 Penyebab Bau Badan yang Sering Dilakukan, Apa Saja?

Image result for bau badan

Tentu setiap orang nggak mau ketika mengalami masalah yang terjadi pada tubuhnya, entah itu sakit, hingga masalah bau badan yang dapat menganggu orang yang berada di sekitar. Berbicara soal bau badan, memang masalah ini dapat terjadi pada siapapun dan tidak mengenal usia, lalu apa penyebab bau badan?

Jika seseorang memiliki bau badan yang menyengat, ada berbagai faktor yang menjadi alasan kenapa hal tersebut terjadi, entah itu faktor dari dalam tubuh sendiri maupun faktor luar akibat kebiasaan yang buruk. Tentu nggak ingin dong mengalami hal ini? Nah tenang saja, di artikel ini akan disajikan 4 alasan bau badan yang tidak enak yang sering dilakukan oleh banyak orang.

Dari informasi ini, bagi kamu yang belum mengalami kamu bisa mencegahnya dengan tidak melakukannya, serta bagi yang telah mengalami kamu dapat mengatasinya dengan cara yang benar serta tidak melakukannya lagi kedepannya. Silahkan simak berikut ini ya.

3 Penyebab Bau Badan Tidak Enak

  1. Gemuk

Hmm, memang gemuk identik dengan berbagai masalah kesehatan ya. Dalam kasus bau badan juga demikian, karena orang yang memiliki badan gemuk memiliki pori-pori tersembunyi di setiap lekuk tubuhnya. Dan tahu nggak bahwa area pori-pori ini adalah area yang hangat dan beruap sehingga bakteri dapat berkembang pesat di tempat ini. Jadi nggak heran deh jika orang gemuk sangat mudah mengalami masalah bau badan.

Juga, orang yang bertubuh gemuk juga memproduksi keringat lebih banyak sehingga jika tidak ditangani dan dibersihkan dengan benar, maka berdampak pada bau yang tidak sedap. Masalah keringat tidak hanya bagi yang gemuk ya, kamu yang mengeluarkan keringat karena suatu alasan seperti kepanasan atau setelah olahraga, kamu harus segera membersihkannya ya agar bakteri penyebab bau tidak sedap tidak berkembang disana.

  1. Toksin Tubuh

Setiap manusia tentu menyimpan toksin dalam tubuhnya, yang ia dapat dari berbagai situasi dan kondisi, dari manapun ia berada, dari udara hingga makanan yang dikonsumsi. Juga, tubuh memiliki kemampuan untuk mengeluarkan toksin atau racun racun tersebut. Namun, ada masalah jika tubuh manusia tidak dapat mengeluarkan toksin karena dapat menyebabkan bau tidak sedap yang keluar. Bagaimana bisa? Toksin yang tidak dikeluarkan akan berkumpul dalam tubuh sehingga menyebabkan saluran hati dan usus besar tersumbat.

Lalu bagaimana mengatasinya? Segera konsultasikan ke dokter apabila mengalami masalah ini, dan biasanya melakukan detoksifikasi (pengeluaran racun) adalah cara terbaik yang akan dilakukan.

  1. Penyakit yang Dialami

Penyakit yang dialami juga berpengaruh terhadap bau badan manusia, karena penyakit ini dapat menyebabkan seorang manusia memproduksi lebih banyak keringat dalam waktu yang singkat. Sehingga dengan banyaknya keringat yang ada yang tidak ditangani dengan baik, tentu menjadi penyebab bau badan. Penyakit-penyakit ini seperti liver, diabeter, kadar gula darah rendah hingga parasit. Jadi jika tidak ingin mengalami bau badan, pastikan jaga kesehatan tubuh dengan baik dan lakukan gaya hidup sehat setiap harinya.

Itulah 3 penyebab bau badan yang paling sering terjadi pada seseorang. Apalagi, karena kita hidup di Indonesia yang panas, tentu produksi keringat serta bakteri juga ada dimana-mana, meningkatkan potensi tubuh tidak sedapl. Hal yang harus dilakukan adalah dengan selalu hidup sehat, menjaga kebersihan tubuh, serta konsultasi rutin ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Leave a Comment