Langkah Sebelum Mengikuti Kursus

Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang seperti kita tahu merupakan bahasa wajib dipelajari oleh orang-orang setelah bahasa ibu mereka. Coba perhatikan beberapa lowongan kerja, mayoritas perusahaan dipastikan menyertakan bahasa Inggris sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki. Bahasa inggris bahkan selalu masuk dalam mata pelajaran wajib dalam kurilkulum sekolah. Karena itulah mengapa saat ini semakin banyak kursus bahasa Inggris yang muncul di Indonesia. Program dan fasilitas yang ditawarkan pun bermacam-macam bentuknya. Bukannya yakin, tidak jarang orang-orang justru akan merasa semakin bingung. Mereka tidak tahu mana tempat kursus bahasa yang bisa dipercaya. Quipperian, apabila kamu termasuk salah satu di antaranya, kamu bisa menyimak beberapa tips di bawah ini.

  1. Tentukan Tujuan Kursus
    Apa, sih, yang membuat kamu ingin bergabung dengan kursus bahasa Inggris? Sebelum mendaftar, kamu harus menentukan tujuanmu dengan jelas. Jangan sampai kamu hanya mengikuti tren atau karena semua temanmu melakukan hal tersebut. Menentukan tujuan akan sangat membantumu dalam menemukan kursus bahasa Inggris yang tepat. Apakah kamu ingin meningkatkan skor TOEFL atau TOEIC? Mengembangkan skill dalam bidang conversation? Atau mungkin menambah pengetahuan tentang grammar?
  2. Jangan Mau Membayar Kontan
    Nilai dari mahal atau murahnya sesuatu sebetulnya bersifat relatif. Hal yang kamu anggap murah bisa saja dianggap mahal oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Ada beberapa kursus bahasa Inggris yang mematok harga hingga jutaan rupiah untuk satu program yang ditawarkan. Bisa saja orang tuamu menganggap harga tersebut cukup murah untuk kursus bahasa Inggris, kan? Tetapi, berapapun biaya yang dipatok, jangan pernah mau apabila kursus bahasa Inggris meminta kamu untuk membayarnya secara kontan di awal pendaftaran.
  3. Lulusan Tenaga Pengajar
    Pada kursus bahasa Inggris dengan biaya relatif mahal, tenaga pengajar yang direkrut biasanya harus merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri ternama atau luar negeri. Beberapa kursus bahasa Inggris bahkan memiliki tenaga pengajar asing. Hal ini tidak jarang dijadikan sebagai nilai jual agar dapat menarik minat target peserta kursus mereka. Berbeda dengan kursus bahasa Inggris berharga relatif murah yang beberapa tenaga pengajarnya bahkan mungkin masih kuliah.

Leave a Comment