Kenali 5 Jenis Kain Sebelum Belanja di Toko Batik

Batik merupakan pakaian tradisional Indonesia yang memiliki motif dan metode yang berbeda untuk membuatnya. Ada banyak sekali toko batik yang menawarkan berbagai macam jenis kain di setiap batik nya. Sebelum memilih batik, ada baiknya Anda mengetahui jenis kain yang akan Anda gunakan nantinya.

Memilih jenis kain dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda, pasalnya beberapa kain memiliki harga yang cukup mahal karena kualitas bahan yang bagus. Berikut ini beberapa jenis kain yang umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan batik.

  1. Kain Sutra
    Siapa pun pasti tahu bahwa kain jenis ini merupakan kain yang paling tinggi kualitasnya diantara kain lainnya. Kain sutra terbuat dari kepompong ulat sutra yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya lembut dan nyaman dikenakan di berbagai aktivitas. Tak heran harga yang ditawarkan pun sangatlah mahal.
  1. Kain Katun
    Kain katun menjadi alternatif yang kualitasnya hampir mirip dengan kain sutra, sehingga kain ini populer digunakan sebagai bahan untuk membuat batik. Kain ini memiliki tingkatan berbagai jenis bahan yakni bahan grey, prima 70/60, prima super, dan prima mercerize sanforized. Masing – masing bahan tersebut memiliki tekstur yang berbeda, ada yang memiliki tekstur kasar, tipis, halus, tebal dan sebagainya.
  1. Kain Mori
    Kain mori merupakan kain tenun yang berwarna putih dan terbuat dari kapas. Kain ini memiliki dua jenis yakni kain yang sudah di bleaching (proses pemutihan) dan kain yang belum di bleaching. Jenis kain ini memiliki tekstur kehalusan sehingga sangat sering dijadikan bahan kain membuat batik tulis.
  1. Kain Paris
    Karakteristik yang dimiliki kain ini adalah tekstur nya yang lembut dan jatuh. Selain itu memiliki serat yang kuat dan tipis. Sama hal nya dengan kain katun, kain paris juga memiliki berbagai bahan jenis.
  1. Kain Serat Nanas
    Sesuai dengan namanya, kain ini berasal dari serat nanas tepatnya berasal dari daun nanas. Kain ini memiliki ciri khas mengkilap dan masih terlihat sulur – sulur nya. Kain serat nanas memiliki tekstur kasar, namun ada juga yang halus sesuai dengan tingkatan yang digunakan.

Leave a Comment