Ini Tips Agar Wawancara Kerja Kalian Lolos

Dalam memasuki dunia kerja, kalian tentu melalui proses wawancara yang biasanya menjadi penentu lolos atau tidaknya kalian dalam pekerjaan tersebut. Bagi sebagian orang, proses ini dianggap sebagai kunci terhadap gagal atau tidaknya proses seleksi pekerja dalam suatu perusahaan. Terkadang kemampuan akademis atau teknis yang tinggi belum menjamin bahwa dia juga lolos dalam seleksi wawancara dengan mulus karena bisa jadi dia memiliki soft skill yang kurang baik. Maka, soft skill di sini juga berperan penting untuk kalian yang akan bergabung ke dunia pekerjaan terutama pada proses seleksi wawancara. Pada proses ini biasanya akan terlihat sikap dan sifat yang kalian miliki, seperti kemampuan berkomunikasi, kemampuan berinteraksi, attitude, dan lain-lain. Sehingga, antara hard skill dan soft skill kalian harus memiliki keduanya.

Namun jangan khawatir, TambahPinter.com memberikan berbagai artikel yang dapat menjadikan referensi atau acuan kalian untuk belajar soft skill kalian. Selain itu, mereka juga menyediakan tips agar kalian lolos seleksi wawancara dalam melamar sebuah pekerjaan. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat membuat kalian santai dan profesinal saat melakukan proses seleksi wawancara kerja.

  1. Memahami budaya tempat pekerjaan

Sebelum melakukan proses wawancara, sebaiknya kalian harus mengetahui budaya yang berada di lingkungan tempat kerja kalian. Misalnya, perusahaan Jepang menganut budaya kesetiaan sehingga jika kalian bekerja di sana harus memiliki rasa kesetiaan terhadap perusahaan.

  1. Membuat kesan baik dan positif

Dalam melamar sebuah pekerjaan tentunya bersaing dengan banyak pelamar dan para pewawancara juga harus dengan banyak orang yang terkadang membosankan. Maka, kalian bisa memberikan kesan positif dengan mengubah mode mental kalian menjadi Professional Mode.

  1. Menyiapkan sebuah catatan

Melalui sebuah proses wawancara dapat mengetahui spesifikasi pekerja yang dicari dan kalian perlu mencatatnya. Menggunakan bolpoin dan notes ini terkesan lebih santun jika dibandingkan dengan media telepon genggam atau perekam digital lainnya.

  1. Menjawab dengan penuh kejujuran

Dalam sesi wawancara terkadang kalian diberikan pertanyaan jebakan yang dapat membuat kalian tidak lolos seleksi. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kejujuran dari pelamar kerja sebagaimana kalian dapat menjelaskan dan mempertanggungjawabkan dari setiap jawaban yang kalian lontarkan.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kalian gunakan ketika sesi wawancara saat melamar sebuah pekerjaan. Keempat tips di atas juga tidak lepas dari kemampuan soft skill yang kalian miliki, seperti kemampuan komunikasi dan berinteraksi yang baik antara pelamar dan pewawancara.

Leave a Comment