Ini Makanan yang Dapat Menyembuhkan dan Memperparah Alergi Kulit

Alergi sering disamakan dengan penyakit, meskipun keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Dari sudut pandang medis, penyakit adalah gangguan tubuh karena faktor eksternal tertentu. Sedangkan alergi adalah berkurangnya kondisi tubuh yang menurun sehingga menimbulkan sejumlah gejala yang bisa sangat mengganggu, seperti gatal-gatal, demam, bersin dan lainnya. Alergi bahkan dapat menghilang dengan sendirinya, bahkan jika Anda tidak mengobatinya. Asalkan asupan makanan di dalam tubuh benar-benar terpenuhi. Tetapi kedua, bagi mereka yang alergi kulit, lebih baik untuk mengetahui jenis makanan apa yang dapat menyembuhkan alergi dan memperburuk alergi yang Anda miliki. Apakah Anda bingung mencari makanan kesehatan terbaik dan termurah? Bagi mereka yang memiliki alergi terutama alergi rinitis, apakah alergi biasa-biasa saja atau parah, akan lebih baik mengonsumsi makanan di bawah ini, yang dapat membantu mengurangi dan bahkan menyembuhkan alergi kulit yang Anda alami.

  1. Teh hijau
    Mengkonsumsi teh hijau akan membantu mengurangi gejala alergi yang Anda rasakan. Dalam teh hijau ada lebih banyak anti-alergi alami dibandingkan dengan teh biasa. Tidak heran jika teh hijau memiliki harga yang lebih mahal.
  2. Wasabi
    Makanan Jepang ini dapat membantu mengurangi indikasi alergi Anda. Ketika Anda mengalami gejala alergi seperti bersin, mengonsumsi wasabi akan sangat membantu membuat hidung Anda lebih mudah. Jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi wasabi ketika alergi mulai meningkat.
  3. Yogurt
    Hobi dengan mengonsumsi susu fermentasi atau yogurt sebenarnya merupakan kebiasaan yang baik untuk penderita alergi. Ini karena kandungan protein dan bakteri Lactobacillus, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  4. Omega-3
    Anda bisa mendapatkan omega-3 dari ikan seperti tuna, salmon, dan lainnya. Kandungan Omega-3 memiliki fungsi untuk mengembalikan energi dalam tubuh lebih cepat. Selain itu, omega-3 juga membantu meredakan peradangan, sehingga peradangannya cepat hilang.
  5. Buah nanas
    Jika Anda alergi terhadap tungau, debu, serbuk sari bunga dan lainnya yang dapat menyebabkan masalah pernapasan, nanas adalah makanan yang sangat dianjurkan. Ini karena kandungan senyawa bromelain alami dalam buah nanas. Fungsi bromelain itu sendiri dapat meredakan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh alergi seperti kesulitan bernafas, pilek, berhenti hidung dan lain-lain. Bahkan zat-zat ini dapat membantu mengobati peradangan pada penderita asma dan eksim.
  6. Bayam
    Sayuran hijau ini mengandung magnesium, yang cukup tinggi. Kandungan magnesium inilah yang berfungsi membantu otot-otot saluran udara rileks. Ini akan sangat berguna dalam mencegah serangan asma yang disebabkan oleh alergi.
  7. Jambu biji
    Jambu biji adalah salah satu obat alergi alami yang direkomendasikan. Ini karena kandungan vitamin C dapat mencegah tubuh memproduksi histamin. Histamin adalah zat alami yang terbentuk ketika tubuh memiliki alergi yang menyebabkan gatal, ruam, bersin, mual atau gatal-gatal.

Hindari makanan ini!

  • Makanan pedas
    Jika Anda seorang pecinta pedas tetapi memiliki alergi, lebih baik untuk diingat jika Anda ingin mengkonsumsi makanan pedas. Dari cabai, lada dan bahan pedas lainnya. Ini karena makanan pedas akan menyebabkan histamin, membuat penyakit alergi yang kambuh memburuk.
  • Makanan mentah
    Hindari membeli makanan mentah jika Anda alergi. Misalnya sushi, steak (sedang langka) dan lain-lain. Makanan yang diserahkan secara alami masih mengandung biota hidup, yang kemudian memasuki tubuh.
  • Telur
    Siapa yang menyangka bahwa telur dapat menyebabkan gatal di bagian tubuh mana pun jika memiliki alergi? Kandungan protein yang tinggi dalam telur akan kurang baik untuk penderita alergi. Bahkan bagi mereka yang memiliki alergi kulit, konsumsi telur akan memperburuk kondisi alergi Anda.

Leave a Comment