Bagian-Bagian Dari Sel Hewan

Bagian-bagian dari sel hewanSel adalah sebuah bagian dari satu organisme yang dapat melakukan replikasi atau proses memperbanyak diri. Dan sel sendiri berbentuk sangat kecil untuk melihatnya kalian harus menggunakan alat pembesar satu benda, yaitu mikroskop. Dan makhluk hidup ini pastinya tidak sama antar sel.

Struktur sel hewan terdiri dari organel-organel tertentu serta bagian-bagian yang memiliki peran masing-masing. Perlu Anda ketahui bahwa sel hewan adalah sebuah unit sel yang menyusun bagian tubuh dari binatang. Sel hewan sendiri memiliki ukuran dan memiliki bentuk yang tidak beraturan pastinya.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sel hewan tidak mempunyai satu dinding sel. Sebagian besarnya mempunyai ukuran yang sangat kecil berkisar antara 1 sampai 100 mikrometer dan bisa Anda lihat hanya dengan mikroskop saja.

Sel hewan juga merupakan eukariotik dan memiliki batas luar yang dikenal sebagai membran plasma. Namun, sel hewan berbeda dengan sel eukariotik lainnya. Seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel dan kloroplas.

Berikut merupakan bagian-bagian dari sel hewan :

  1. Membran Sel

Membran sel merupakan satu pembungkus sel yang paling luar yang tersusun atas protein (lipoprotein) dan satu lemak (lipid). Bagian sel inilah berperan sebagai pengatur mineral dan nutrisi yang masuk dan keluar di sel.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan sebuah cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, terkecuali nukleus (inti sel) dan juga organel. Sitoplasma sendiri terdiri dari protein, material dan air.

  1. Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE) merupakan sel hewan terbesar yang kedua. Organel ini merupakan satu organel yang tersusun oleh membran yang berbentuk seperti jaring-jaring. RE sendiri terletak di pusat bagian dalam sitoplasma (endoplasma).

  1. Mitokondria

Mitokondria merupakan organel terbesar pertama yang menjadi mesin dalam sel hewan. Bentuk mitokondria sendiri mirip dengan cerutu yang memiliki dua lapis membran lekuk-lekuk dan berukuran panjang.

  1. Mikrofilamen

Mikrofilamen ditemukan di sebagian besar satu sel. Mikrofilamen mengikat satu protein untuk memungkinkan mendorong dan menarik pada membran sel untuk membantu pergerakan satu sel. Mikrofilamen sendiri terbentuk dari protein, aktif dan miosin.

  1. Peroksiosom (Badan Mikro)
  2. Lisosom (kantong terikat)
  3. Mikrotubulus
  4. Ribosom
  5. Sentriol
  6. Badan Golgi
  7. Nukleus
  8. Nukleoplasma
  9. Nukleolus
  10. Sitokeleton
  11. Membran inti

Leave a Comment